Perhatikan Kondisi Mesin Mobil Anda

Mesin adalah bagian terpenting dari mobil anda Mesin menjadi kunci utama bagus atau tidaknya performa mobil. Jika mesinnya bermasalah, sudah pasti performa mobil menurun. Kenyamanan berkendara pun akan berkurang ketika salah satu mesinnya rusak. Sebagai pemilik, Anda harus selalu merawat mesin mobil dengan baik

Periksalah bagian dalam kap mesin seperti selang-selang dan pastikanlah tidak terjadi kebocoran dan korosi. Buka tutup oli mesin apakah ada bekas buih yang menandakan kebocoran

Hidupkan mesin pada putaran idle. Kemudian tekan gas sampai rpm 2000 hingga 3000 beberapa menit kemudian jika memang diperlukan.

Jangan menghidupkan mesin langsung pada putaran tinggi, ini untuk menghindari keausan karena pelumasan belum sampai ke seluruh komponen mesin.

Kerusakan mesin dapat kita analisa selama mesin dalam keadaan hidup. Perhatikan tiga hal berikut ini:

Suara mesin dengan Bunyi getaran komponen mesin merupakan bunyi mesin yang tidak normal. Getaran tersebut bisa terjadi karena baut atau mur yang longgar, komponen yang retak, atau bahkan patah bisa juga seperti suara Gesekan komponen yang tidak dilumasi dengan oli, bisa juga  menimbulkan suara  akibat gesekan piston dengan dinding silinder, atau gesekan pada lakher.

suara tidak normal pun bisa terjadi karena pada bagian celah katup yang terlalu besar, bantalan poros engkol atau pen piston yang longgar.

Suara yang ditimbulkan karena percikan listrik pun bisa terjadi. Bunyi tersebut disebabkan percikan bunga api dari listrik mengalami kebocoran arus atau terjadi hubungan singkat.Biasanya disebabkan oli kebocoran di koil pada sela sela karetnya.

Kita juga bisa memeriksa kondisi mesin kita melalui asap knalpot yang dihasilkan oleh proses pembakaran dalam mesin berjalan baik atau tidak. Jika

Asap berwarna hitam Asap yang berwarna hitam pada mesin diesel merupakan sesuatu yang wajar, namun tidak bagi mesin bensin. Warna hitam pada mesin bensin merupakan pertanda adanya pembakaran yang tidak sempurna karena kelebihan bensin pada campuran gas dan bensinnya. Dan apabila Asap tidak berwarna Asap yang tidak berwarna menandakan campuran gas yang normal, tidak kelebihan bensin, tidak bercampur dengan oli atau kekurangan bensin.

Demikian sedikit tips dari mesinmobil.id untuk perihal cara memperhatikan kondisi mesin mobil anda